HEGEMONI & MEDIA MASSA

IDEOLOGI

HEALTHY LIFESTYLE WITH HEALTHY DIET




Apa yang dimaksud gaya hidup sehat? Bagaimana cara menjalankan pola hidup sehat pasti merupakan pertanyaan paling umum sering ditanyakan ke berbagai narasumber yang berhubungan dengan kesehatan? Gaya Hidup Sehat adalah proses menuju pola hidup sehat. Pola hidup sehat itu sendiri ditempuh dengan cara tidur yang cukup, menjaga pola makan (diet sehat), berolahraga, dan lainnya. Gaya hidup sehat selalu menjadi topik utama bahkan menjadi ideologi untuk segelintir orang. Mengapa hal itu bisa terjadi? Karena pada jaman sekarang orang mulai menyadari tentang pentingnya Kesehatan bagi kehidupan. Dari kesadaran tersebutlah muncul Hegemoni. Apa itu Hegemoni? Hegemoni adalah dominasi/ penguasaan satu pihak dengan pihak lain secara 'sukarela' dan ide-ide yang didiktekan dianggap sebagai sesuatu yang wajar. Mungkin teman-teman sedikit bingung, disini kita akan membahas tentang hubungan Hegemoni dengan Media Massa yang menciptakan ideologi. 



(sumber : http://www.wrp-diet.com/)
Gaya hidup sehat seringkali disandingkan dengan diet sehat, terutama kaum wanita. Bagi mereka, penampilan adalah segalanya, semua wanita pasti ingin terlihat cantik, langsing dan sempurna. Untuk mencapai itu semua, berbagai usaha dilancarkan salah satunya dengan program diet yang menyiksa, ini merupakan peluang bagi produsen, sehingga bermunculan produk-produk diet, yang menawarkan diet sehat tanpa menderita. Promosi mulai dilancarkan dari Media Cetak, Media Massa, Media Online sampai Event skala nasional. Salah satu produk diet sehat yang paling dikenal adalah WRP (Science.Beauty.Life)







WRP adalah produk diet khusus wanita. WRP menawarkan diet sehat tanpa menyiksa. WRP memiliki berbagai varian produk, antara lain Susu, Kue dan Teh. Produk Susu nya pun memiliki berbagai varian rasa yang lezat. Program diet juga disesuaikan dengan kebutuhan konsumen, yaitu WRP Weight Loss (menurunkan berat badan), WRP Body Shape (membentuk lekuk tubuh), dan WRP Stay Slim (menjaga berat badan). 

 (sumber : http://www.wrp-diet.com/)



WRP juga memiliki diet center dimana konsumen bisa membeli produk, bertanya tentang program yang tepat, atau sekedar konsultasi dengan ahli gizi. Mengapa program diet harus tepat? Karena setiap kita memiliki kondisi tubuh yang berbeda-beda, sehingga kita juga memiliki pola diet dan efek yang berbeda, tujuannya agar diet tersebut tidak membahayakan jiwa kita. WRP Diet Center merupakan salah satu usaha untuk meningkatkan fasilitas untuk konsumen, sehingga WRP mendapatkan loyalitas dari konsumennya. 


WRP DIET CENTER (sumber : www.utotia.net )

Selain itu WRP juga menggunakan media sosial untuk membantu para konsumennya, yang berisi promosi produk terbaru dari WRP, lokasi WRP Diet Center, serta program dan cara diet yang sehat. Mulai dari Twitter, Facebook dan Website resmi WRP yaitu www.wrp-diet.com


Salah satu program WRP DIET (sumber : http://www.wrp-diet.com/)

Media promosi lainnya terdapat di iklan teve komersial dan media cetak. WRP tidak terlalu banyak mengeluarkan iklan di media cetak dan lebih banyak mempromosikannya melalui iklan teve komersial dan lebih banyak lagi di media sosial, yang paling gencar adalah di twitter.


Salah Satu Print Ad WRP 

WRP mengeluarkan berbagai iklan teve komersial untuk mempromosikan produk-produk terbarunya, mungkin teman-teman tidak asing lagi dengan iklan tersebut.





Dari sebuah produk WRP dengan Hegemoninya tentang gaya hidup sehat dengan diet sehat akan menguntungkan beberapa pihak. Pihak mana sajakah  yang diuntungkan? Pertama, dari pihak WRP, yang mampu menghipnotis kaum wanita dengan diet sehat tanpa menyiksa, tentunya banyak kaum wanita berminat dan membeli produk tersebut, otomatis penjualan meningkat. Diet juga merupakan sebuah proses, dimana akan tercipta loyalitas dari konsumen kepada WRP. Kedua, pihak Media Massa, yang jasanya dipakai untuk mempromosikan produk WRP. Ketiga, adalah pihak pengguna produk WRP, dengan menggunakan produk tersebut mereka akan memilik kepercayaan diri, tubuh yang ideal, dan Gaya Hidup Sehat. Melalui penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa media massa yang mempromosikan produk WRP memiliki hegemoni terhadap konsumennya (karena konsumen tanpa paksaan membeli produk WRP) yang akhirnya menciptakan Ideologi Gaya Hidup Sehat dengan Diet Sehat.






Sumber: 
www.wrp-diet.com
www.utotia.net
www.klikdokter.com







Previous
Next Post »